tugas kewirausahaan




Nama: jailani
Kelas : XII AP 2
Tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha dalam menjalankan dan mengelola sebuah usaha:
1.Memperoleh data yang lebih akurat untuk diberikan kepada bagian yang membutuhkan
2.Mengetahui suatu kecendrungan (tren) dimasa mendatang .
3.Meminimalkan resiko kegagalan dari sebuah keputusan strategis yang akan diambil
4.Mengetahui kondisi dan kinerja usahanya
5.Mengetahui kecendrungan permintaan terhadap pasar terhadap produknya dengan  riset dan      survei lapangan .
1. Jenis Data dalam Pengambilan Keputusan
                Jenis data yang dibutuhkan wirausaha untuk dianalisis adalah sbb:
a).Data produk yang tidak lolos uji kualitas .
b).Data piutang yang tidak terbyar oleh pelanggan atau kredit macet yang pembayarannya melebihi syarat pembayaran
c).Data mengenai tingat permintaan kebutuhan p0roduk baik yang ada di pasar maupun yang belum ada di pasar
d).Tingkat kepuasan  pelanggan akan suatu produk dan tingkat keluhan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan penjualan
e).Jumlah penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan datang ,berdasarkan data  penjualan tahun ini dan data penjualan periode sebelumnya 
f).Catatan dari laporan keuangan seperti laporan laba rugi neraca dan laporan arus kas .
g).Data tentang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi seperti analisis pulang pokok dan tingkat pengembalian investasi .
2.Sumber sumber analisis data
a.Sumber data langsung dari lapangan melalui riset dan survei
b.Sumber data berasal dari media masa
c.Sumber data berasal dari pemerintah seperti BPS
d.Sumber data internal perusahaan
3.Analisis Data dengan Menggunakan pendekatan statistika
a. Regresi linear sederhana
b.Korelasi  linear sederhana
B.STRATEGI MENJALANKAN USAHA
1Faktor Penggerak Perubahan
a.Perubahan yang didorong oleh faktor ekonomi
b.Perubahan yang didorong oleh faktor pasar
c.Perubahan yang di gerakkan oleh fajtor perkembangan teknologi
d.Perubahan yang dipengaruhi oleh iklim dan cuaca
2.Pengaruh perubahan terhadap strategi menjalan kan usaha
a.Perubahan akan menciptakan peluang atau kesempatan
b.Perubahan akan menciptakan ancaman
c.perubahan  dapat memperlemah daya saing dan kondisi perusahaan
d.Perubhan dapat memperkuat kondisi daya saing dan strategi
3.Strategi Pemetaan produk
Organisasi usaha maupun jangkauan pasarnya pada umumnya suatu perusahaan terlebih dahulu akan melakukan pemetaan posisi perusahaan terhadap pasar.
4.Strategi Pemetaan kualitas dan harga pasar untuk mengetahui posisi produk di pasar
5. Mengetahui Teori permintaan dan penawaran
a.Perilaku konsumen dan permintaan suatu produk di pasar
b.Mekanisme hargadi pasar b
6.Mengenal perilaku konsumen dalam menetukan strategi pemasaran dan promosi
a).Faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1)Faktor budaya
2)Kelas sosial
3)Keluarga
4)Usia dan tahap siklus hidup
5)Jenis pekerjaan
6)Kondisi ekonomi
7) Gaya hidup
b).Proses keputusan pembelian
Ada 5 peran yang dimainkan seseorang dalam mengambil keputusan pembelian yaitu:
1)      Pencetus ide
2)      Pemberi pengaruh
3)      Pengambil keputusan
4)      Pembeli
5)      Pemakai


7. Daur Hidup produk
                Daur hidup  produk sangat penting untuk diketahui oleh wirausaha ketika memulai usaha .Daur hidup produk terdiri dari 4 tahap yaitu:
A.Tahap perkenalan (introduction)
b.Tahap pertumbuhan (growth)
c.Tahap mapan 
d.Tahap penurunan


PERTANNYAAN ::

1). sebutkan Jenis-jenis Data dalam Pengambilan Keputusan ?
2). bagaimana strategi menjalankan usaha ?
3).sebutkan  Sumber sumber analisis data ?
4). Data tentang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi seperti ?
5).apa yang dimaksud pengaruh perubahan terhadap strategi menjalankan usaha?
6). Ada 5 peran yang dimainkan seseorang dalam mengambil keputusan pembelian yaitu ?
7).introduction disebut juga tahap ?
8). bagaimana cara mengelola sebuah usaha?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar